Berikut Langkah Membuat Gudeg Khas Jogja


Gudeg atau saduran masakan nangka muda yang merupakan gambaran kuliner yogyakarta memag amat spesial, masa ini makanan tersebut sudah terkenal keberbagai ruang indonesia, terlebih orang pendatang negeri pun sudah mengenal makanan yang sangat gemar dan segar ini. Jikalau anda mendarat ke yogyakarta pasti sempat melihat penjual atau rumah makan yang memang luar biasa menjual makanan ini, bahkan sangat banyak sekaligus yang menjajakannya halnya diantaranya lautan gudeg. Citarasa legit dan senang yang dihasilkan gudeg itulah yang banyak orang ketagihan serta selalu ingin mencoba masakan gudeg, serta tentunya tetap ingin balik ke yogyakarta. Jadi bagi anda yang berpergian di jogja lihatlah kanan kiri anda, serta pastikan dikau mampir ke salah satu warung makan yang menyediakan gudeg, agar anda bisa mencicipi kelezatan yang super lezat dari olahan kuliner nusantara.

Sebenarnya pada waktu anda sedang jauh daripada jogja dan ingin sekali mencicipi gudeg, anda bisa membuatnya dirumah dengan resep olahan gudeg asli yogyakarta yang bakal kami suguhkan. Sehingga anda bisa mengetes gudeg produk sendiri dengan rasa sah yogyakarta. Penyajian gudeg jogja biasanya menggunakan kendil / sebuah panci dari tanah liat, karena memang benar khas secara resep nenekmoyangnya. Olahan gudeg jogja pun biasanya menanak atau membacem bahan-bahannya menggunakan daun totok yang perasan muda, sehingga warna serta tekstur benda gudeg benar khas sekali seperti itu. Untuk anda yang penasaran dengan cara membuat gudeg makbul itu laksana apa, mangga anda memerhatikan sebagai berikut.

artikel lengkap Advertisement
Kiat Membuat Gudeg Asli Yogyakarta

Resep Gudeg Asli Jogja

Bahan – bahan menghasilkan gudeg jogja

1 kg nangka bujang, potong mungil
5 konstituen telur, yang sudah masak direbus
100 grm gula merah, sisir halus
1 ½ lter santan kelambir kental
1 lter uap buah nyiur, murni
3 lembar insang salam, terkaan muda
5 cm lengkuas utuh
Peparu jati secukupnya, untuk alas dan konglomerat rebusan
Benih yang dihaluskan

Bawang ahmar 10 biji
Bawang suci 6 siung
Ketumbar konstituen 1 sdt penuh
Gusar dapur halus 1 sdm
Kemiri 5 butir
Jerangau 2 centimeter
Resep Menghasilkan Gudeg Pasti Yogyakarta

Rebus terlebihdulu nangka muda beserta campuran tambahan yang dihaluskan, tunggu sampai sedikit murung dan empuk
Tahap selanjutnya, silahkan anda siapkan kuali besi atau rawah lalu lapisi bagian kecil dengan insang jati, kemudian masukan nangka muda yang sudah direbus
Tambahkan paru-paru salam dan air nyiur murni, usahakan seluruh permukaan nangka lembut terendam, tudung rapat
Intensif kurang lebih 3 jam, mencapai berbatas warna nagka muda sekutil berubah agak kecoklatan
Jika sudah mangga buka puncak panci dan masukan telur ayam mengetim dan uap santan, usahakan terendam seluruh
Tambahkan pula gula berma dan lengkuas diatasnya, campur sebentar saja, kemudian tudung kembali serta masak juga selama 3 jam
Acungkan tangan gudeg yang sudah cukup umur dan bidis warna kecoklatan
Gudeg jadi anda sajikan dengan semarak lainnya.
Kamu bisa menampilkan gudeg secara sambal rambak, nasi hangat, bumbu polong sebagi semarak, dan beda sebagainya. Supaya gudeg bertambah nikmat dan lezat untuk anda nikmati. Selamat mengetes olahan gudeg asli warisan nusantara.